Survey

Tuesday, April 5, 2016

ARIA (sebuah manga yg berbeda dari lainnya)


ARIA adalah sebuah manga science fiction dengan tema utopia, slice story & drama karya Kozue Amano (yg terkenal juga dengan karya Amanchu). Sebenarnya manga ini berjudulAQUA yg diterbitkan di publikasikan di Enix majalah Monthly Stencil. Terbit dari tahun 2001 sampai 2002 dengan terkumpul 2 tankobon. Baru ketika pindah dari ke MAG Garden dan diserialisasikan ke Comic Blade namanya berubah menjadi ARIA. Manga ARIA sendiri diterbitkan dari tahun 2002 hingga 2008 dengan terkumpul sebanyak 12 tankobon.

Manga ini telah diadaptasi ke dalam anime yg terdiri dari 3 season dan 1 OVA serta ke dalam video game sebanyak 2 judul. Untuk versi anime sendiri season 1 berjudul ARIA the ANIMATION yg ditayangkan pada tahun 2005 dengan jumlah setidaknya 13 episode. Season 2 berjudul ARIA the NATURAL dengan jumlah 26 episode ditayangkan pada tahun 2006. Sedangkan yg terbaru adalah ARIA the ORIGINATION dengan 12 episode dan ditayangkan pada tahun 2008. Sedangkan OVA berjudul ARIA the OVA:arietta dirilis pada tahun 2007. Untuk ARIA the ORIGINATION merupakan season akhir dari serangkaian anime ini. Untuk game sendiri terdiri dari 2 judul yaitu Aria the Natural: Tooi Yume no Mirage ("Mirage of a Distant Dream") yg dirilis pada 28 September 2006 dan Aria the Origination: Aoi Hoshi no El Cielo ("The Sky Over the Blue Planet") yg dirilis pada 26 Juni 2008.



  1. PLOT
    Manga ini mengambil tempat pada abad ke 24 lebih tepatnya tahun 2301 M atau 75AC (untuk hitungan Mars) dengan settingan di Mars. Saat itu Mars berlimpah air dan telah menjadi daerah kolonialisasi untuk manusia. Berlimpah airnya ini disebabkan oleh proses terraforming sehingga tanpa disengaja 90% es yg ada dikedua kutub Mars meleleh dan menutupi hampir 90% permukaan Mars.

    Cerita lebih ditekankan pada sebuah kota di Mars yg bernama Neo Venezia. Sebuah kota yg merupakan replika dari kota Venezia yg ada di Man Home (bumi) yg pernah eksis hingga abad 21. Hal ini dapat dilihat dari jalan yg berupa kanal-kanal sungai sehingga segala kegiatan yg memanfaatkan jalur kanal ini menggunakan Gondola. Walaupun berlatar belakang abad 24 tapi kota ini sebagian besar tetap mempertahankan paronama segar kuno ala abad 16. Karena paronama inilah, keramah tamahan penduduk dan juga banyaknya festival yg diadakan sepanjang tahun maka kota ini pun tak elak menjadi sebuah kota wisata di luar bumi. Setiap tahun banyak pengunjung yg datang sebagai wisatawan. Keunikan dari kota ini sebagai kota wisata adalah adanya pengayuh gondola wanita yg bernama UNDINE. Undine ini merupakan pengayuh gondola yg berprofesi mengantar penumpang (istilahnya seperti supir taksi), tak hanya itu saja, Undine juga sebagai Tour Guide yg memperkenalkan bangunan serta sejarah yg ada pada bangunan itu . Sehingga seorang Undine haruslah memiliki pengetahuan luas tentang sejarah kota Neo Venezia. Oleh karena profesi Undine sangat perstisius maka banyak perusahaan Undine berdiri.

    Cerita dimulai ketika seorang gadis berumur 15 tahun bernama Akari Mizunashi bermigasi dari Man Home ke Aqua yg tujuannya untuk menjadi Undine. Lalu ia pun bekerja pada ARIA company (aria kanpanii) dengan status pair dan memiliki senior bernama Alicia Florence. Dari situlah cerita berkembang dengan hubungan persahabatan antar tokoh serta lingkungan baru Akari Mizunashi yg dipenuhi bumbu drama, komedi serta pandangan yg berbeda dari yg selama ini kita lihat dilingkungan kita.


  2. KARAKTER UTAMA

    1. Aria Company


      Aria Company



      Emblem Aria Company



      Corak baju Aria Company


      Aria Company (aria kanpanii) adalah sebuah perusahaan yg bergerak di bidang jasa tour guide dengan undine-nya sebagai guide. Perusahaan ini merupakan perusahaan Undine kecil yg ada di Neo Venezia karena hanya mempekerjakan 2 karyawan (Akari Mizunashi sebagai pair dan Alicia Florence sebagai Prima). Walaupun perushaannya kecil tapi sangatlah terkenal, karena hal itu disebabkan oleh nama besar Alicia Florence yg terkenal dengan julukan Peri Air. Presiden dari perusahaan ini adalah seekor kucing Mars (Martian cat) gendut putih bernama Aria Pokoteng.

      Biodata:
      President : Aria Pokoteng
      Pendiri : Akino Ametsuchi
      nama karyawan : Alicia Florence & Akari Mizunashi
      Anggota lainnya : Akino Ametsuchi, Anna, Ai
      Tahun berdiri : 2281 M
      Jumlah karyawan : 2
      Jumlah gondola : 3
      Alamat : Riverbank 4914 (ネオ・スキアヴォーニ河岸 4914, Riverbank
      4914)
      Warna dominasi : Biru

      • Akari Mizunashi


        Akari Mizunashi


        Chibi Akari Mizunashi
        Peringkat : Pair, promosi ke Single (AQUA ch.5), promosi ke Prima (ARIA ch.58)
        Title : Aquamarine (遙かなる蒼, Harukanaru Ao)
        Tempat, tanggal lahir : Man-home, 30 Januari
        Tinggi : 1,55m
        Golongan darah : A
        Umur: 15 (debut)

        Akari Mizunashi (水無 灯里, Mizunashi Akari)(Seiyuu:Hazuki Erino) adalah seorang gadis Jepang berumur 15 tahun datang dari Jepang ke Neo Venezia dengan cita-cita menjadi Undine. Sebenarnya ia tak memiliki bakat dalam hal mendayung. Hanya saja dalam posisi terbalik ia lebih handal dari siapa pun juga. Hal ini disebabkan saat di Man Home ia belajar mengayuh gondola dengan posisi terbalik dengan alat simulasi. Oleh karena itu Alicia pernah berkata "Ketika mendayung terbalik, Akari tak tertandingi". Kelebihan lainnya ialah ia mudah bergaul dengan siapa pun baik penduduk Neo Venezia, orang asing bahkan dengan temannya yg berasal dari perusahaan lainnya. Selain itu cara pandangannya dalam menanggapi lingkungan sekitar begitu berbeda dengan pandangan kita. Bagi kita sesuatu hal yg kita anggap membosankan karena telah menjadi rutinitas sehari-hari, baginya merupakan sesuatu yg menakjubkan. Oleh karena itu Aika S. Granzchesta pada manga Aria chapter 34 menganggap bahwa Akari itu adalah sosok yg misterius. Karena kejeliannya melihat hal-hal yg sepele lalu mendeskripsikannya dalam bahasa kiasan membuat orang yg bersamanya tak akan bosan. Akari selalu membawa laptop-nya kemana-mana untuk mengirim e-mail tentang pengalamannya yg ia rasakan. Sehingga baik di manga maupun di anime selalu diawali dan ditutup oleh narasi berupa email yg ia kirim. Bedanya kalau di manga penerimanya adalah seseorang yg tak diketahui siapa dia dan tak pernah muncul. Ada juga yg berpendapat bahwa narasi tersebut ditujukan bagi kita yg membaca (tapi menurut saya, penerima email Akari adalah Caith Sith, hal ini terlihat dari manga Aria chapter 60 alias chapter terakhir). Sedangkan di anime yg menerima email adalah seorang gadis bernama Ai. Dalam versi anime Ai yg datang dari Man Home berkenalan dengan Akari dan ketika Ai pulang menjadi teman pena bagi email Akari (Akari's pen pal). Baik dalam manga maupun anime, karakter Ai muncul pada episode/ chapter terakhir ketika menjadi karyawan Aria Company dan Akari telah menjadi Prima. Seruan favorit Akari adalah "hahi" atau "hohe" yg artinya "wow" ketika melihat sesuatu yg menakjubkan. Pada manga Aqua, Akari naik dari tingkat Pair menjadi Single ketika ikut tes di Land of Hope (pada Aria the Animation Akari diceritakan telah menjadi single). Sedangkan pada manga Aria chap 58/episode 12 Akari naik tingkat jadi Prima dengan julukan "Aquamarine".


      • Alicia Florence



        Alicia Florence
        Chibi Alicia Florence

        Peringkat : Prima, pensiun dari profesi (ARIA ch. 59)
        Title : Snow White (白き妖精, Shiroki Yōsei)
        Tempat, tanggal lahir : Aqua, 30 Oktober
        Tinggi : 1,65m
        Golongan darah : A
        Umur: 19 (prima)

        Alicia Florence (アリシア·フローレンス arishia furorensu) (seiyuu:Ohara Sayaka) merupakan Undine top dari Aria Company. Alicia juga merupakan salah satu dari tiga peri air (Three of Fairy Water/水の三大妖精, "Mizu no San Dai Yōsei"), selain Akira E Ferrari dan Athena Glory. Ia berumur 19 tahun dan memiliki teknik mendayung yg mahir dan manuver yg ringan sehingga penumpang yg menaiki gondola Alicia begitu menikmati gondola yg dinaiki. Gayanya itu seolah-olah seperti peri air yg sedang menari. Julukannya "Snow White". Ia menjadi Prima pada usia 15 tahun, usia paling muda bagi undine naik tingkat jadi Prima. Kehidupannya begitu ia jalani dengan nikmatnya (easy going), sikapnya juga selalu santai dan tak pernah marah. Yang khas dari Alicia adalah senyumannya yg tulus dan khas membuat semua orang akan menyukainya. Sikapnya juga suka menggoda teman masa kecilnya Akira E Ferrari. Menurut Gandma (Akino Ametsuchi), Alicia merupakan Undine yg berbakat dan dapat menikmati segala hal. Seruan favoritnya adalah "ara ara" yg artinya "aih aih". Pada akhir cerita, Alicia memutuskan untuk pensiun dari dunia undine dan menikah (orang yg dimaksud tak pernah muncul dalam cerita). Sebelum ia menyatakan pensiun, Alicia menguji dan mengangkat Akari ke tingkat Prima. Walaupun dikatakan pensiun ia tak sepenuhnya pensiun. Alicia diminta untuk memegang jabatan penting dalam Asosiasi Gondola dalam rangka memantapkan industri undine dalam jangka 100 tahun. Sebenarnya Alicia berkeinginan untuk menjadikan Akari sebagai Prima, tapi ia merasa kehilangan jika ia menaikan Akari menjadi Prima dan berpisah dari Aria Company, karena menurutnya ia tak mau berpisah dengan kesenangan dan kebersamaan yg indah bersama Akari. Sehingga ia berkata pada Akari saat sebelum upacar pensiun bahwa ia begitu egois. Ia dianggap telah memberikan kontribusi pada industri Undine.


      • Akino Ametsuchi



        Akino saat masih muda



        Akino saat tua



        Chibi Akino

        Peringkat : Prima

        Akino Ametsuchi (天地 秋乃, Ametsuchi Akino)
        (Seiyuu: Yoshiko Matsuo) atau sering dipanggil Grandma oleh para Undine yg lebih muda (karena rasa hormat para Undine muda padanya) merupakan pendiri Aria Company. Sebelum mendirikan Aria Company ia merupakan Undine top di Himeya Company dan sangat dikagumi oleh para Undine lainnya. Tapi ketika melihat seekor kucing yg terus memperhatikan langit di sebuah tempat (akhirnya tempat itu pun dibangun Aria Company), ia pun merasa penasaran dengan apa yg kucing lihat lalu seketika ia merasa ada sesuatu yg hilang selama ini ketika menjadi ace Himeya. Ternyata ia merasa banyak kesenangan yg ada sekelilingnya hilang darinya (cerita serunya ketika adegan malem2 ketika kucingnya tetep ngeliat langit diujung laut walaupun keujanan). Oleh karena itu setelah berhenti dari Himeya bersama kucing itu (yg nantinya bernama Aria Pokoteng) mendirikan Aria Company. Karena dirinya ingin melihat pantulan cahaya pagi dari mata birunya (presiden Aria) walaupun ia tak tahu apa yg sedang ia lihat oleh kucing itu. Menurutnya bukan dialah yg mendirikan Aria company melainkan Presiden Aria. Setelah 30 tahun menjadi Prima, setelah Alicia Florence dipromosikan jadi Prima, Grandma pun pensiun.


      • Ai


        Ai, Akari dan Presiden Aria




        Ai saat di Aria the Animation




        Ai



        Chibi Ai without uniform




        Chibi Ai with uniform


        Ai (アイ)(Seiyuu: Kaori Mizuhashi) dalam versi anime ia merupakan teman baik Akari yg datang dari Man Home dan terkadang Ai datang ke Aqua ketika ia bisa datang. Dalam anime, Ai dan Akari bercerita melalui email (dalam manga penerima email Akari tak diketahui). Dalam manga, Ai muncul pertama kali dalam chapter terakhir (chapter 60) sebagai karyawan baru Aria Company. Baik di manga dan anime, Ai masih tingkat Pair ketika menjadi karyawan baru Aria Company (waktu itu rambut Akari sudah panjang).


      • Anna (anime only)



        Anna


        Anna (アンナ, Anna)(Seiyuu: Risa Hayamizu) merupakan karakter yang hanya muncul di anime lebih tepatnya Aria the Origination episode 7 (During That Gently Passing Time ...,"Sono Yuruyaka na Toki no Naka ni ..." (そのゆるやかな時の中に...)) ketika membahas tentang presiden Aria dan pendirian Aria Company saat merayakan ulang tahun Aria Company. Dia merupakan salah satu undine prima dari Aria Company. Ia kemudian pensiun ketika memutuskan untuk menikah dan membangun keluarga.Ketika memutuskan pensiun dan meninggalkan Aria Company saat itu Alicia Florence telah naik tingkat menjadi Prima Aria Company. Setelah itu ia tinggal di pulau Neo Burano bersama suaminya yg seorang penangkap ikan bernama Alberto dan anak laki-lakinya bernama Ahito. Ia kini bekerja sebagai perajut renda yang ia mulai ketika ia hamil.


    2. Himeya Company



      Himeya Company



      Emblem Himeya




      Corak baju Himeya


      Himeya Company (Himeya) merupakan perusahaan gondola terbesar di Neo Venezia dengan jumlah karyawan sekitar 80. Pemilik dan pendiri Himeya adalah keluarga Granzchesta.Perusahaan ini memiliki rangking nomor dua di Neo Venezia. Karena perusahaan ini telah berdiri 100 tahun lalu maka perusahaan ini memiliki ke khasan tersendiri sebagai perusahaan gondola tertua. Pesaingnya adalah Orange Planet yg merupakan kekuatan perusahaan Undine yg besar walaupun masih berusia muda. Warna corak baju karyawan Himeya adalah merah.

      Presiden : Hime
      Pendiri dan pemilik : Keluarga Granzchesta
      Nama anggota karyawan : Akira E. Ferrari, Aika S. Granzchesta, Ayumi K. Jasmine
      Tahun berdiri : 2180
      Jumlah karyawan : 80
      Jumlah gondola : 100
      Alamat : Riverbank 8113 (スキアヴォーニ河岸8113, Riverbank 8113)
      Warna dominasi : Merah

      • Aika S. Granzchesta



        Aika S. Granzchesta (sebelum potong rambut)




        Aika S. Granzchesta (setelah potong rambut)




        Chibi Aika S. Granzchesta (sebelum potong rambut)




        Chibi Aika S. Granzchesta (setelah potong rambut)


        Peringkat : Pair, promosi ke Single (AQUA ch.5), promosi ke Prima (ARIA ch.58)
        Title : Rosen Queen (薔薇の女王, Bara no Joō)
        Tempat, tanggal lahir : Aqua, 2 Februari
        Tinggi : 1,6 m
        Umur : 15 (début)
        Golongan darah : O

        Aika S. Granzchesta (藍華·S·グランチェスタ, Aika S. Guranchesuta)(Seiyuu:Chiwa Saitō) merupakan salah satu keluarga Granzchesta yg menjadi pewaris Himeya Company dan ia juga sebagai undine di perusahaan Himeya. Ia juga merupakan teman pertama Akari ketika tiba di Aqua. Ia juga teman dari Alice Caroll. Ia memiliki sifat yg suka bicara blak-blakan dan selalu mengomentari kata-kata puitis Akari dengan berkata "Embarrassing remarks are not allowed!" (恥ずかしいセリフ禁止!, Hazukashii serifu kinshi!) yg artinya "Dilarang berbicara yang memalukan!". Tapi sebenarnya itu adalah cara ia bercanda kepada Akari. Ia merasa dapat diandalkan diantar temannya, Akari juga Alice yg memiliki sikap anti sosial. Padahal sebenarnya ia seperti gadis yg cengeng. Aika sangat bangga akan kemampuannya mengayuh gondola dan juga sangat berkompetitif. Ia sangat mengagumi Alicia dibandingkan dengan mentornya, Akira. Karena menurutnya sikap Alicia lebih ramah dibanding Akira. Oleh karena itu ia pernah berkata "Kalau bukan karena aku pewaris Himeya Company, aku lebih baik menjadi karyawan Aria Company". Selama dalam manga Aria, Aika mengembangkan perasaannya kepada Al (seorang Gnome). Pada chapter 58 manga Aria, Akira mbingung memutuskan nama julukan yg tepat jika Aika lolos ujian menjadi Prima. Akhirnya Aika memutuskan untuk memakai nama "Rosen Queen" (薔薇の女王, Bara no Joō, lit. "Queen of Roses") untuk julukannya ketika menjadi Prima. Dalam akhir seri Aria, ia berugas menjadi pemimpin kantor cabang Himeya yang baru.


      • Akira E. Ferrari



        Akira dengan gondola hitam




        Akira E Ferrari




        Chibi Akira


        Peringkat : Prima
        Title : Crimson Rose (真紅の薔薇, Shinku no Bara)
        Tempat, tanggal lahir : Aqua, 29 Juli
        Tinggi : 1,68 m
        Umur : 20
        Golongan darah : O

        Akira E. Ferrari (晃·E·フェラーリ, Akira E. Ferāri)(Seiyuu: Junko Minagawa) merupakan undine peringkat Prima yang juga salah satu dari 3 peri air selain Alicia dan Athena. Ia juga sebagai mentor bagi Aika S Granzchesta. julukan baginya adalah Crimson Rose, (真紅の薔薇, Shinku no Bara, "The True Rose"). Ia memiliki kemampuan dalam skill berbicara. Akira juga memiliki banyak penggemar, umumnya penggemarnya itu dari kaum wanita. Tapi ia menganggap dirinya feminim. Pada kisah flashback Akatsuki (chap 43 vol 9 manga Aria) ketika masih muda ia selalu berpenampilan tomboy dan jika berkata selalu memakai kata ganti "aku" dengan pronoun pria (俺, ore, lihatperbedaan pengucapan kata ganti dalam bahasa Jepang), dalam bhs Inggris seperi he atau she, sehingga Akatsuki waktu itu salah sangka dan menganggapnya sebagai pria dan memanggilnya "bro". Akira dianggap sebagai instruktur iblis karena Aika merasa diawasi dengan ketat dan keras, selain itu kepribadiannya juga dianggap kasar. Walaupun begitu Akira melakukan hal itu karena percaya bahwa Aika memiliki potensi yang besar dalam dirinya untuk menjadi Undine (tapi bagi saya, mungkin Akira juga ingin berbalas budi kepada Aika yang masih kecil ketika Akira sempat shock memikirkan bahwa dirinya saja yg masih tingkat single, waktu Aika menambahkan kelopak bunga mawar pada tiga kelopak bunga clover itulah cerita yg menurut saya bagus, mungkin juga title Akira dari kelopak bunga mawar itu). Aika juga merasa kalau karena bukan didikannya itu ia mungkin tak bisa menjadi Undine hebat. Akira dan Alicia merupakan teman baik sejak kecil. Ia merasa kesal karena Alicialah yang duluan menjadi Prima. Akira merupakan Undine dari tiga peri air yang paling belakangan menjadi Prima. Pada akhir seri, ketika Alicia pensiun menjadi Undine, Akira akhirnya berkilauan sebagai Undine top di Neo Venezia.


      • Ayumi K. Jasmine



        Ayumi K. Jasmine




        Ayumi, Anzu, Atora




        Chibi Ayumi, Anzu, Atora


        Ayumi K. Jasmine (アユミ·K·ジャスミン)(Seiyuu: Ryōko Shiraishi) merupakan Undine tingkat Single dari Himeya Company. Perkenalan pertama Akari dengan Ayumi dan kawan kawan yaitu pada Aria the Origination episode 4 dan manga Aria chapter 48 volume 10. Berbeda dari Undine lainnya, ia mengkhususkan dirinya pada Traghetto dimana Undine yang lain hanya ingin naik menjadi Prima. Alasannya, ia hanya ingin banyak terlibat dengan banyak orang dan juga dapat menghasilkan banyak uang.


    3. Orange Planet


      Orange Planet




      Emblem Orange Planet




      Corak baju Orange Planet


      Presiden : Maa
      Nama anggota karyawan : Athena Glory & Alice Carroll
      Tahun berdiri : 2291
      Jumlah karyawan : 81 (termasuk 20 Prima)
      Jumlah gondola : 120
      Alamat : Plaza 0111 (ネオ・フラーリ広場0111, Plaza 0111)
      Warna dominasi : Putih-Kuning

      Orange Planet (orenjii puranetto) adalah perusahaan undine terbesar di Neo Venezia. Jumlah karyawannya sekitar 81 (berbeda dengan Himeya yg hanya memiliki 80 karyawan) termasuk 20 Prima. Perusahaan ini merupakan perusahaan saingan Himeya, hal ini disebabkan karena Orange Planet baru berdiri 10 tahun alias masih baru tapi dapat menjadi perusahaan yg besar menyaingi kekuatan Himeya yg terkenal corak tadisionalnya. Corak seragamnya adalah garis berwarna kuning. Presidennya adalah presiden Maa, seekor anak kucing Mars.

      • Alice Carroll



        Alice Carroll




        Chibi Alice Carroll


        Peringkat: Pair, Prima (ARIA vol.11 chap 55)
        Tittle : Orange Princess (黄昏の姫君, Tasogare no Himegimi, Twilight Princess)
        Tempat, tanggal lahir : Aqua, 1 September
        Tinggi : 1,45 m
        Umur : 14
        Golongan darah : B

        Alice Carroll (アリス·キャロル, Arisu Kyaroru)(Seiyuu: Ryō Hirohashi) merupakan seorang Undine Orange Planet berumur 14 tahun dengan tingkat Pair. Ia pertama kali muncul pada Aria the Animation episode 3 dan manga Aria pada chapter 11. Saat pertama muncul ia bersikap dingin terhadap Akari dan Aika. Alice lebih senang menyendiri. Aika mengatakan ia adalah anti sosial dengan memasang wajah suram seperti itu. Alice bersikap begitu karena ia merasa semua undine yg ada disekitarnya merasa iri akan kemampuannya. Bisa dibilang Alice merupakan undine dengan skil mendayung yg baik walaupun ia masih Pair dan berumur muda. Skillnya lebih baik daripada Akari maupun Aika. Karena umurnya lebih muda dibanding Akari dan Aika, Aika sering menyebutnya kohai-chan(後輩ちゃん?, artinya "junior" dan biasanya bersifat halus atau sopan). Imbuhan favorit Alice adalah Dekkai (でっかい, secara harafiah artinya luar biasa atau besar). Alice berteman baik dengan Aika dan Akari (setelah chap 11), walaupun mereka berasal dari beda perusahaan tidak mengurangi nikmatnya pertemanan, Alice sangat menikmati berteman dengan mereka, berbicara dengan mereka dan bercanda dengan mereka. Pada chap 33, Alice pernah menyatakan berteman dengan Akari dan Aika lebih menyenangkan dibanding dengan para pair undine di Orange Planet (walaupun di akhir sikapnya berubah ketika Athena menjelaskan bahwa hati seseorang mirip cermin). Selama berteman dengan Akari dan Aika, Alice mengalami perkembangan sifat. Ia sekarang lebih terbuka dan lama kelamaan sikap anti sosialnya luntur. Karena mereka berdua membuat sikap Alice berubah. Ia merasa tak memiliki kemampuan menyanyi yg baik, walaupun akhirnya Athena menyadarkannya bahwa harus menikmati apa yg ia nyanyikan walau tak peduli akan performanya. Pada chap 55 (Aria the Origination eps 9) Alice setelah lulus sekolah dikira akan naik tingkat jadi Single, tapi seketika itu juga ia langsung naik tingkat jadi Prima. Menurut Athena, sebenarnya pengurus Orange Planet menunggu ia lulus sekolah agar bisa menjadi Prima Orange Planet. Ini merupakan rekor baru bagi undine di mana seorang Pair langsung naik tingkat menjadi Prima tanpa melewati tingkat Single. Tingkat naiknya ini membuat Aika merasa terpacu untuk menjadi lebih baik (pada chap 57 "Nama Bunga"). Julukannya saat menjadi Prima "Orange Princess" (黄昏の姫君, Tasogare no Himegimi, secara harafiah artinya "Twilight Princess"). Nama Alice Carroll terinspirasi dari penulis Lewis Carroll yg menulis buku Alice's Adventures in Wonderland.


      • Athena Glory



        Athena Glory




        Athena Glory di Gondola Hitam





        Chibi Athena Glory


        Peringkat: Prima
        Tittle : Siren (天上の謳声, Tenjō no Utagoe, Heavenly Voice)
        Tempat, tanggal lahir : Aqua, 24 Desember
        Tinggi : 1,7 m
        Umur : 21
        Golongan darah : AB

        Athena Glory (アテナ·グローリィ, Atena Gurōrī)(Seiyuu: Tomoko Kawakami) merupakan salah satu dari tiga peri air yg memiliki title "Siren" (天上の謳声, Tenjō no Utagoe, secara harafiah artinya "Heavenly Voice" atau "Suara surga"). Titlenya itu ia dapat karena perfomanya ketika membawa penumpang, ia akan menyanyi dengan merdunya. Karena merdunya itu orang yg berada disekitarnya yg ikut mendengar akan terdiam dan menikmati nyanyiannya. Ia merupakan senior dari Alice Carroll di Orange Planet. Sifatnya suka linlung, ceroboh dan bingung sendiri apalagi di depan Alice. Hal itulah yg membuat Alice yg juniornya begitu resah. Menurut Alice, Athena dianggap ceroboh, dan selalu membuatnya khawatir dan juga sebagai senior yg berbagi ruang tidur. Selain itu Athena memiliki tawaan yg lucu yg jika dilihat seperti orang marah. Ia merupakan teman dari Alicia dan Akira. Ketika pertama kali bertemu dengan Alicia dan Akira, Athena masih tingkat Pair, dan akhirnya latihan bersama seperti yg dilakukan Akari, Aika dan Alice saat ini alias mirip trio Akari, Aika dan Alice ketika berlatih bersama. Pada akhir cerita, selain sebagai Undine ia juga memulai debutnya sebagai penyanyi opera.


      • Atora Monteverdi



        Atora Monteverdi


        Atora Monteverdi (アトーラ·モンテヴェルディ)(Seiyuu: Houko Kuwashima) merupakan Undine dari Orange Planet. Ia masih tingkat Single. Ia juga teman dari Ayumi dan Anzu ketika mendayung traghetto. Atora sempat mengambil ujian Prima tapi gagal, sehingga karena tak berani maka ia tak mengambil ujian Prima lagi. Baginya penguji ujian Prima dianggap tak menganggap kemampuannya. Untuk menutupinya, Atora memutuskan untuk mengikuti Ayumi sebagai pengayuh Traghetto dan menyukai Traghetto hanya sebagai alasan untuk kabur dari ujian Prima. Setelah bertemu dengan Akari dan diyakinkan oleh Anzu dan Ayumi, Atora akhirnya bertekad untuk memberanikan diri untuk ikut ujian Prima lagi.


      • Anzu Yumeno



        Anzu Yumeno (tengah)


        Anzu Yumeno (夢野 杏, Yumeno Anzu)(Seiyuu: Kana Asumi) merupakan Undine dari Orange Planet. Ia bersama Ayumi dan Atora adalah pengayuh Traghetto. Saat pertama bertemu dengan Akari ia telah gagal tes ujian Prima. Ia telah mencoba berkali-kali tapi tetap gagal. Ia pun berkata kepada Akari kalau ia pun gagal lagi, walaupun hari ini sedih karena mengingat kegagalannya, tapi ia akan tetap menantang ujian menjadi Prima. Ia telah menekadkan dirinya untuk lulus menjadi Prima.


    4. KARAKTER LAIN

      • Akatsuki



        Izumo Akatsuki




        Akatsuki sedang memegang buntut poni Akari


        Peringkat : Salamander magang
        Tempat, Tanggal lahir : Aqua, 8 Januari
        Tinggi : 1,78m
        Umur : 16 (saat Aqua vol 2)
        Golongan darah : O

        Akatsuki Izumo (出雲 暁, Izumo Akatsuki)(seiyuu:Hirofumi Nojima)(bukan aktsuki dalam serial Naruto ya) adalah seorang Salamander (pengontrol cuaca Aqua yang bekerja di pulau melayang)yang masih magang. Dia merupakan penduduk asli pulau melayang/floating island/ukijima weather stations. Dia bertetanggaan dengan Woody dan Albert. Karena jarang turun ke Neo Venezia, Akatsuki mengaku suka tersesat di Neo Venezia yg memiliki banyak kanal yg rumit. Ia selalu memakai baju jubah yang dibelakangnya bertuliskan 炎 (artinya api) yang menandakan ia adalah seorang Salamander. Akatsuki merupakan pelanggan pertama Akari ketika masih tingkatan single (Aqua chap 6: First Customer). Kalau bertemu Akari, Akatsuki selalu menarik buntut poni Akari, entah suka atau apa, tapi menurutnya buntut Akari sangat bagus. Ia juga selalu memanggil Akari dengan sebutan "buntut poni/pigtails/momiko" karena buntut poni Akari yang menjadi ciri khasnya. Ia juga selalu memanggil Aika dengan sebutan Gachapen (menurut Akatsuki Gachapen adalah monster kuno dalam legenda ManHome) karena tampang Aika yg terlihat galak. Sedangkan Aika memanggil Akatsuki dengan sebutan pony oni (buntut kuda), karena kunciran rambutnya yang khas seperti buntut kuda. Akatsuki memiliki kakak yang selalu menggodanya bahkan sejak Akatsuki masih kecil. Akatsuki sangat menyukai Alicia, karena menurutnya, Alicia sangat cantik dibandingkan momiko dan selalu murah senyum. Apalgi ketika melihat Alicia, wajahnya yang garang berubah drastis menjadi tampak cool. Tapi pada kenyataannya, ketika ia berada di Neo Venezia, tak peduli apa pun alasannya ia selalu menghabiskan waktunya bersama Akari (lihat pada Aria chap 3, chap 15: saat diadakannya festa del boccolo, chap 39: secret place, chap 52: Marriage of the sea, serta special chapter: horoscope), membuat Akatsuki selalu mendengar perkataan puitis Akari dan membuatnya takjub pada Akari (pada akhirnya Akatsuki menyangkal akan perasaan itu). Sehingga kakak Akatsuki dan Alicia salah mengira bahwa Akari dan Aktasuki memiliki hubungan dekat. Aika dan Alice juga menggoda mereka berdua ketika chap 39. Sebenarnya, Akatsuki dan Alicia pernah bertemu di pulau melayang saat masih kecil (chap 43), ketika Akira dan Alicia (yang dipanggil bro oleh Akatsuki karena penampilan Akira yg tomboy waktu kecil dan penggunaan kata aku untuk genre pria) bermain di pulau melayang bersama Akatsuki, Woody dan Albert. Akatsuki merupakan seorang artificial human yg masa kecilnya bercita-cita menjadi pelindung Aqua (sepcial chap: Artificial Human, cerita yg menggeltik, tapi memiliki penuh arti, hubungan antara anak dengan ibunya). Setelah Akari lulus menjadi Prima, Akatsuki pun dipromosikan menjadi salamander. Akatsuki selalu datang ke Aria Company dengan mengejutkan Akari.


      • (kakak Akatsuki) Akatsuki older Brother



        kakak Akatsuki


        Kakak Akatsuki merupakan satu-satunya saudar Akatsuki. Ia bekerja di pabrik gelas kaca Venezia/Venetian Glass hal itu terlihat dalam chapter 27. Sifatnya sich mudah bergaul dengan orang lain. Ia juga sering menggoda adiknya, apalagi jika Akatsuki sedang bersama Akari. Kebiasaannya yg suka menggoda dan juga suka telat. Ia juga suka bercerita kepada orang lain tentang sikap adiknya yg konyol waktu masih kecil (pada Special Navigation: Artificial Human, ketika itu kakaknya Akatsuki menceritakan pengalaman adiknya ketika masih kecil pada Alicia dan Akari).


      • Udo Ayano kohji the 51st a.k.a Woody



        Udo Ayano Kohji


        Udo Ayano kohji the 51st (綾小路宇土51世)(seiyuu: Yuuji Ueda) a.k.a Woody adalah seorang slyph dari Roman Air Clubs dan bekerja dengan memakai airbike. Ia mengantarkan barang-barang yang dibutuhkan penduduk Neo Venezia. Ia juga mengirimkan kebutuhan sehari-hari seperti telur ke Aria Company juga. Penampilannya tegap dan sering memakai goggles. Ia pertama kali berkenalan dengan Akari pada chap 18, ketika Akari memberikan petunjuk arah ketika Woody sedang mengantarkan barang, karena ia tak bisa menavigasi arah tujuan tanpa map (waktu itu map milik Woody terjatuh dan hilang). Woody merupakan teman Akatsuki dan Albert, hal itu baru diketahui Akari pada chap 20:Redentore. Karakter Woody juga muncul dalam mangaRoman Club karya Kozue Amano alias pengarang Aria juga.


      • Albert Pitt



        Albert Pitt a.k.a Al


        Rang : Gnome magang
        Tempat, Tanggal lahir : Aqua, 20 Mei
        Tinggi : 1,40m
        Umur : 19 (saat pertama kali bertemu Akari dan Aika)
        Golongan darah : AB

        Albert "Al" Pitt (アルバート·ピット, Arubāto Pitto)(seiyuu: Akeno Watanabe) adalah seorang Gnome yang bekerja di bawah tanah Aqua. Kenapa di bawah tanah? Karena dia adalah seorang Gnome yang bertugas mengatur gravitasi Aqua agar sama dengan gravitasi yang ada di ManHome. Albert atau biasa dipanggil Al muncul dan berkenalan dengan Aika dan Akari pada Aria chap 8, ketika Al menunjukkan dunia para Gnomes. Al peka terhadap cahaya, karena di bawah tanah tak ada matahari, hanya berupa alat yang menyerupai terang matahari. Al hanya muncul ke permukaan ketika sedang belanja kebutuhan para Gnomes saja. Itu sebabnya mengapa Al selalu pusing jika melihat cahaya matahari terlalu lama. Walaupun terlihat kecil tapi sebenarnya umurnya 19 tahun (perbandingan, ketika Aika dan Akari masih tingkat Single, umur mereka 16 tahun). Sehingga Aika selalu mengatakan Al berbicara seperti orang tua lalu salah mengira ia masih anak kecil dan selalu menepuk kepala Al. Hal ini disebabkan semua Gnome bertubuh kecil semua. ketika menyaksikan hujan meteor pada chap 23 (navigation 23: an evening of meteor showers) Aika mulai menunjukan rasa suka pada Al. Perasaan itu juga terdapat pada chap 35: kami to hairpin to watashi, ini juga judul yg merujuk pada Aria te Natural Vocal Song Collection dinyanyikan oleh Makino Yui dan Saito Chiwa(untuk liriknya klik disini dan untuk lagunya klik disini), serta ketika chap 45: Moon Viewing. Di akhir episode, Al telah dipromosikan menjadi Gnome, hubungannya dengan Aika juga masih dijaga baik, serta tinggi tubuhnya bertambah sedikit.


      • Namihei Anno



        Anno Namihei


        Namihei Anno (庵野波平, Anno Namihei) / Mr. Postman (郵便屋さん, Yūbin'ya-san)(seiyuu:Motomu Kiyokawa) adalah seorang tukang pos yang bekerja mengantarkan surat-surat ke seluruh kota Neo Venezia. Oleh Akari dipanggil Mr postman / paman tukang pos, hal ini karena Akari jarang melakukan perkenalan lebih awal ketika memulai hubungan persahabatan. Akari baru mengetahui namanya pada akhir-akhir cerita. Ia adalah orang pertama yang ditemui oleh Akari (selain Aria sachou) di Aqua dan mengantarkannya ke Aria Company. Ia adalah orang yang baik dan selalu menolong Akari. Menurutnya tugas mengantar surat sama seperti mengantarkan perasaan seseorang ke orang lain. Memang, di Neo Venezia orang-orang jarang mengirim surat lewat email, mereka masih memakai jasa para tukang pos. Hal ini dimaklumi oleh paman tukang pos. Menurutnya, sesuatu hal seperti surat, menerimanya saja sudah membuat orang senang, apalagi ketika membukanya, tapi yang lebih penting adalah isi surat, rasanya seperti membuka kotak harta karun. Memang, mengirim email lebih cepat dan mudah daripada mengirim surat biasa, tapi dalam mengirim surat memiliki perasaan berbeda daripada mengirim email, saat berdebar ketika menunggu surat datang, membuka surat dan kemudian membacanya(sebuah nasihat juga, apalagi di zaman sekarang yang serba praktis, mengirim surat adalah hal yang sangat langka karena orang-orang lebih memilih mengirim surat lewat email ketimbang lewat kantor pos!!! Mari tanamkan kebiasaan surat menyurat). Diakhir kisah, paman tukang pos pensiun bekerja mengantarkan surat dan hanya bekerja di kantor saja.


    5. TERMINOLOGI

      1. AQUA

        Planet Aqua (水の惑星) dulunya bernama planet Mars. Ketika manusia mencari tempat tinggal yg layak di luar bumi, maka 150 tahun yg lalu manusia melakukan terafforming pada planet Mars. Planet Mars bisa dibilang cocok untuk dilakukan terraforming, karena di kedua ktub planet itu terdapat tudung es, selain itu palnet Mars merupakan planet terdekat dari bumi, walaupun saat itu Mars merupakan planet tanpa air dan atmosfernya mengandung karbondioksida, oleh karena itu palnet Mars dianggap sebagai planet orange (menjadi rujukan pada perusahaan Orange Planet). Maka banyak koloni-koloni awal di bangun untuk menggali air, salah satunya base Kai Tak yg ada dalam cerita Aria the Animation episode 4, serta pada manga Aqua ketika Akari melihat Cait Sith pertama kalinya. Sekarang, tanpa diduga 90% air hasil terraforming menutupi planet Mars, lalu secara resmi nama planet Mars pun diganti menjadi planet Aqua, dan bumi bernama ManHome. Karena Aqua tak memiliki gravitasi yg sama dengan ManHome, maka dibawah tanahnya terdapat orang yg mengatur gravitasi Aqua yg disebut Gnome, lalu di langit Aqua ada pulau melayang yg berfungsi mengatur cuaca Aqua yg jauh dari matahari ketimbang Manhome. Saat ini terdapat banyak kota yg dihuni manusia di Aqua salah satunya yang terkenal adalah kota Neo Venezia yang dijadikan tempat objek wisata.


      2. Neo Venezia

        Neo Venezia (ネオヴェネツィア) merupakan kota replika Venezia yang pernah ada hingga abad 21 di ManHome. Kota ini sebagian dibuat mirip dengan kota Venezia. Ketika kota Venezia yang ada di ManHome tenggelam pada abad 21, maka beberapa orang menyelamatkan beberapa bangunan yang ada di Venezia dan kemudian diangkut ke Aqua, nah dari sinilah cikal bakal pendirian kota Neo Venezia. Karena sebagian besar Aqua tertutup oleh air maka Neo Venezia pun merupakan kota berair sama seperti kota Venezia. Kebudayan, kerajinan, cindera mata dan festival yang ada di Neo Venezia sama dengan yg ada di Venezia, maka kota Neo Venezia dianggap hanya sebagai replika belaka, walaupun begitu Akari pernah berkata "tak masalah akan ucapan orang lain, tapi bagiku hidup di Neo Venezia adalah nyata". Karena kota Neo Venezia tak memiliki jalan lebar, maka salah satu alternatif ialah transportasi lewat air yg melewati kanal-kanal kota Neo Venezia, baik memakai gondola, traghetto, maupun vaporetto. Oleh karena itu kehidupan di Neo Venezia berjalan lambat. Maka oleh karena itu, banyak orang beranggapan hidup di Neo Venezia tidak praktis seperti di ManHome, walaupun sudah di abad 24, kota ini jauh dari teknologi dan membuatnya sebagai kota primitif. Karena kota ini memiliki kebudayaan yg mirip dengan kota Venezia, maka kota ini dijadikan kota pariwisata (mungkin karena tak ada lagi Venezia di ManHome) yang tiap tahun dibanjiri wisatawan dan selalu ada festival seperti pesta musim panas, pesta tahun baru, karnaval khas Venezia, pernikahan laut, festa del boccolo dll. Yang membuatnya kota ini unik adalah Undine, seorang wanita pengayuh gondola sambil melakukan tour guide kepada wisatawan yg menyewa gondolanya. Di Neo Venezia terdapat 3 perusahaan gondola, yaitu Aria Company,Himeya dan Orange Planet.


      3. Pulau Melayang

        Pulau Melayang merupakan alat pengontrol cuaca planet Aqua. Jumlahnya banyak dan tersebar di seluruh planet Aqua. Selain sebagai tempat Salamnder bekerja, pulau melayang juga merupakan tempat tinggal Salamander dan juga sebagai objek wisata. Pulau Melayang merupakan alat pengontrol cuaca yg terdapat tungku besar untuk menghasilkan panas besar, yang diketahui bahwa planet Aqua merupakan planet beku yg jaraknya jauh dari matahari, sehingga cuacanya menyerupai di ManHome. Diketahui, ManHome juga telah memakai alat pengontrol cuaca, hanya saja di ManHome dikerjakan secara otomatis sedangkan di Aqua masih dengan cara manual, oleh sebab itu kerjanya juga kurang maksimal.


      4. Underground Neo Venezia

        Underground Neo Venezia adalah tempat kerja para Gnome yg ada di Neo Venezia. Di sini memiliki kedalaman yg lebih sehingga bagian bawahnya tak terlihat. Di sini matahari tak dapat menjangkau sehingga dibuat cahaya buatan. Oleh sebab itu para Gnome silau akan matahari ketika naik ke permukaan. Sama seperti Pulau Melayang, selain sebagai tempat kerja Gnome, juga sebagai tempat tinggal para Gnome. Bagian terbawah dariUnderground ini adalah tempat kerja Gnome yg terdapat instrumental pengatur grvitasi yaitu berupa Grandpa Apa. Tempat kerja Gnome ini juga dekat dengan
        pusat planet Aqua.


      5. Perusahaan Undine
        Neo Venezia memiliki 3 perusahaan gondola yang ternama, yaitu Aria Company, Himeya dan Orange Planet. Aria Company merupakan perusahaan undine yang paling kecil, hanya memiliki 2 karyawan. Walaupun perusahaan kecil tapi bernama karena disitu ada Alicia Florence, seorang undine paling terkenal, selain itu dia juga salah satu dari tiga peri air, makanya tak pelak banyak orang yg datang ke Neo Venezia untuk menaiki gondola milik Alicia. Selain itu Aria Company juga perusahaan gondola yg didirikan oleh undine top yaitu Akino Ametsuchi alias Grandma. Warna corak bajunya adalah biru. Himeya merupakan perusahaan gondola tertua dan memiliki banyak karyawan, salah satu undine yg terkenal adalah Akira E Ferrari, seorang undine yg dikagumi oleh banyak turis wanita. Warna corak bajunya adalah merah. Orange Planet merupakan perusahaan undine terbesar walaupun perusahaan ini baru berdiri 10 tahun yang lalu. Orange Planet merupakan saingan bagi perusahaan Himeya. Undine yg terkenal adalah Athena Glory yang terkenal dengan Canzone-nya (Canzone, bahasa Italia yg artinya lagu)Warna corak bajunya adalah kuning.


      6. Undine

        Undine (水先案内人, Undīne) merupakan pendayung gondola wanita yang bertugas sebagai pemandu para turis untuk menelusuri seluk beluk kota Neo Venezia. Dalam mitologi rakyat Eropa(sekarang kawasan Jerman dan sekitarnya), Undine merupakan peri air. Biasanya ditemukan di danau, atau sungai yang masih jernih. Memiliki suara yang indah yang sering terdengar bersamaan dengan suara air. Menurut cerita, Undine tak bisa memiliki jiwa sebelum menikari seorang pria manusia, karena aspek inilah Undine sering dijadikan tema untuk karya tragedi dan romance. Dalam game, Undine muncul di game Tales of Eternia.(mau lihat keterangan detilnya, silakan klik pada kata undine atau undine). Karena undine bertugas sebagai pemandu wisata sekaligus mendayung gondola, Undine harus memiliki kemampuan diantaranya, mendayung, pengetahuan dan canzone. Pertama, mendayung, hal ini sudah mutlak bagi undine untuk bisa mengendarai gondola dengan baik, manuver seorang undine haruslah lembut sehingga penumpang pun merasa nyaman menaiki gondola. Alicia merupakan pendayung gondola terbaik karena manuvernya yg halus bagaikan seorang peri menari di atas air. Kedua, pengetahuan, dalam hal ini adalah pengetahuan tentang seluk beluk kota, kanal-kanal yg rumit, sejarah kota Neo Venezia, bangunanya, budaya dan lain-lain. Itu adalah hal yang mutlak mengingat undine merupakan seorang pemandu wisata. Akira memiliki hal itu. Lalu yg terakhir adalah Canzone, walaupun tak mutlak tapi bisa dibilang penting, dengan menyanyi membuat turis jadi merasa nyaman. Athena dianggap memiliki canzone yg merdu, sangking merdunya membuat penduduk kota Neo Venezia terdiam jika mendengar nyanyian Athena. Jalan untuk menjadi seorang Undine memang tidak mudah. Ada tiga tingkatan untuk menjadi Undine, yaitu Pair, Single, dan Prima.
        • Pair
          Pair (ペア, Pea) atau begginers merupakan level pemula bagi seorang undine. Dianggap belum mahir dalam mengayuh gondola, untuk itulah seorang undine tingkat pair harus banyak berlatih mendayung gondola dengan gondola hitam kecil. Ciri khasnya ialah penggunaan sarung tangan pada kedua tangannya. Hal ini karena untuk melindungi tangan dari dayung saat mengayuh yang dapat membuat tangan kapalan (mungkin alasannya karena teknik mendayung tingkat pair yang kasar dapat membuat goresan pada telapak tangannya). untuk tingkat ini, pair tidak diperbolehkan menerima penumpang. Undine tingkat pair diuji untuk mengayuh gondola dari kanal-kanal sulit menuju "Land of Hope" sebagai bagian tes menjadi single.


        • Single
          Single (シングル, Shinguru) atau trainees merupakan undine tingkat menengah. Dianggap sebagai undine magang. Berbeda dengan tingkat pair, tingkat single diperbolehkan menerima penumpang walaupun harus didampingi oleh mentornya, selain itu gondola yg dipakai adalah gondola berwarna hitam. Keunikan dari tingkat single adalah pendayung traghetto hanya single yg diperbolehkan (walaupun kebanyakan undine yg mendayung traghetto adalah undine tingkat single yg gagal tes menjadi prima, kecuali Ayumi dari Himeya yg memang berniat hanya ingin mendayung traghetto). Walaupun begitu, undine tingkat single harus banyak belajar dan berlatih agar bisa siap menjadi undine tingkat prima. Ciri khasnya adalah menggunakan satu sarung tangan (di tangan kanan). hal ini mungkin dianggap seorang undine tingkat single sudah dapat mengayuh gondola dengan baik. Ujian menjadi prima adalah memandu mentornya mengelilingi kota Neo Venezia.


        • Prima
          Prima (プリマ, Purima) atau full-fledged Undine adalah undine profesional atau dianggap sudah mahir. Tingkat prima tak memakai sarung tangan, karena ketika mendayung gondola, tingkat prima yg sudah mahir akan mendayung dengan seperlunya sehingga tak akan muncul kapalan. Gondola yg dipakai berwarna putih. Prima boleh menerima penumpang dan memandunya. Di Neo Venezia, banyak undine yg bercita-cita menjadi prima. Karena pekerjaan ini dianggap sangat keren sehingga menjadi populer. Di Neo Venezia, Alicia merupakan undine yg memegang rekor sebagai undine termuda yg menjadi prima, sedangkan Grandma merupakan undine yg menjadi prima paling lama. Dalam tingkatan prima, ada 3 undine spesial yg dianggap memiliki bakat dan merupakan undine terbaik dari yang terbaik. Mereka diberi julukan 3 peri air (水の三大妖精, "Mizu no San Dai Yōsei"), oleh penduduk Neo Venezia atas kemampuannya itu. Saat ini title itu masih dipegang oleh, Alicia, Akira dan Athena.


      7. Profesi Lainnya

        • Salamander

          Salamander (火炎之番人, Saramandā) adalah orang yg bertugas mengontrol cuaca palnet Aqua. Mereka bekerja di Ukijima alias Pulau Melayang. Karena pengontrolan dilakukan tiap hari, maka para Salamander tinggal di Pulau Melayang, sehingga selain sebagai alat pengontrol cuaca, pulau melayang juga sebagai tempat tinggal Salamnder dan juga sebagai objek wisata. Salamander dibutuhkan karena, jarak planet Aqua dengan matahari terbilang jauh, berbeda dengan ManHome yg jaraknya sesuai sehingga cocok untuk kehidupan. Oleh karena jarak itu planet Aqua merupakan planet beku. Tugas salamander adalah menjaga tungku besar yg ada di Pulau Melayang. Tungku itu untuk memberikan panas yg besar ke atmosfer planet Aqua sehingga suhu planet Aqua hangat seperti di ManHome. Maka oleh karena itu, cuaca dan musim di Aqua sama dengan di ManHome yaitu terdiri dari 4 musim, walaupun di Aqua setiap musimnya lebih panjang dua kali dibanding ManHome (ingat: kala revolusi Aqua hampir sekitar dua kali kala revolusi ManHome). Sama seperti Undine, Salamnder memliki tahapan dari trainees hingga menjadi profesional.


        • Gnome

          Gnome (地重管理人, Nōmu) adalah orang yg bekerja mengatur gravitasi planet Aqua. Hal ini disebabkan karena gravitasi di planet Aqua hanya 1/3 dari gravitasi ManHome. Para Gnome bekerja di bawah tanah planet Aqua. Karena lingkungan kerja Gnome yg berada di tempat gelap dan dekat dengan pusat planet Aqua maka mereka bertubuh kecil dan memiliki penglihatan yg buruk. Para Gnome hanya ke permukaan sebulan sekali hanya untuk belanja kebutuhan, sehingga para Gnome akan merasa pusing jika berada di bawah langsung sinar matahari ataupun tak menggunakan kacamata hitam. Bagaimana cara Gnome mengatur gravitasi Aqua? Rotasi planet merupakan kombinasi antara gravitasi alam semesta dengangaya sentripental planet. Secara sederhana berarti gaya yg saling mempengaruhi tiap benda. Makin besar massanya, makin besar pengaruh gaya tariknya, contohnya, antara manusia dengan Bumi atau planet bumi dengan buah apel (ingat: Isaac Newton). Nah gaya tarik itulah yg disebut gravitasi (penjelasan lebih akurat lihat gravitasi). Karena massa Aqua yg lebh kecil dari ManHome maka gravitasi yg dirasakan manusia hanya 1/3 saja dari ManHome. Untuk itulah di bawah tanah Aqua, tempat kerja Gnome terdapat sejumlah besar batuan kecil yg fungsinya membuat massa yg dapat membuat gravitasi Aqua menyerupai gravitasi ManHome yg sekitar 1G (ukuran gravitasi ManHome). Caranya mengirim batuan tersebut ke pusat bumi melalui pipa yg dipasang di pusat Aqua. Pipa itu mengelilingi Aqua, dan sejumlah besar batuan itu akan diberi kecepatan tinggi untuk melintasi Aqua. Nah batuan itulah yg membuat gravitasi Aqua dapat disamakan dengan ManHome, dan tugas Gnome adalah menjaganya agar tetap berputar. Alat yg dipakai adalah Grandpa Apa yg mirip seperti organ piano besar. Sama seperti Salamander, Gnome juga harus melewati Trainees hingga dipromosikan menjadi Gnome profesional.


        • Sylph

          Sylph (風追配達人, Shirufu) adalah seorang yang bertugas dalam pengiriman barang dengan "Air Bike" (mungkin ini merupakan salah satu peralatan canggih di Neo Venezia). Pengiriman dilakukan melalui udara di Neo-Venezia karena hanya gondola atau sejenis perahu kecil yang diijinkan melalui kanal-kanal kota yang lebih kecil. Dengan menggunakan Air Bike, para Sylph dapat menempuh jarak yg sangat jauh. Karena mengantarkan kebutuhan di kota Neo Venezia (mungkin juga karena di Neo Venezia tak ada jalan bagi kendaraan seperti mobil) penting, maka Sylph merupakan pekerjaan penting di Neo Venezia. Bagi Wody, mengirim barang dengan terbang memakai Air Bike sangat menyenangkan bagaikan ikan berenang di lautan udara. Banyak orang menyukai pekerjaan Sylph.


        • Mailman

          Postman merupakan pekerjaan yg masih dibutuhkan di Aqua dan juga paling vital.Hal itu karena warga Neo Venezia masih menulis surat dengan kertas dan mengirimnya lewat perantara Postman. Kerja Postman adalah mengambil surat yg ada di kotak pos
          yg tersebar di seluruh Neo Venezia atau yg ada di kantor pos,dan mengirimnya ke tempat tujuan. Karena kota jalan di Neo Venezia berupa kanal berair, maka alat transportasi yg digunakan adalah gondola hitam. Kantor posnya bernama Kannrejiyo pos office. Postman selalu melakukan kegiatan senam pagi bersama karyawan lainnya, hal ini untuk merefreshingkan tubuh sebelum bekerja keras. Walaupun dikatakan memalukan tapi itu juga bagian dari kerja. Postman dianggap sebagai perwakilan dari setiap perasaan orang-orang di Neo venezia yg diwakili dalam surat. Mengantar surat sama seperti mengantarkan hati setiap orang di Neo Venezia.
      8. Festival

      Karena kota Neo Venezia merupakan kota wisatawan, maka kota ini memiliki berbagai macam festival yg ada sepanjang tahun. Saat festival banyak wisatawan yg memadati kota Neo venezia. Festival itu diantaranya

      • Musim Panas

        Musim Panas di Aqua dua kali lipat dibanding di Man Home. DI Neo Venezia saat musim panas ada kebiasaan orang membeli lonceng angin yg dimodifikasi khusus menjadi lonceng cahaya. Dimana di dalamnya terdapat batuan mineral Aqua yg berasal dari laut. Uniknya lonceng ini dapat bercahaya, itu disebabkan oleh zat luciferin yg ada dalam batu mengikat oksigen oleh kerja enzim yg disebut luciferase. Saat terurai dia menjadi bersinar. Saat bersinar memiliki derajat suhu yg rendah sehingga disebut "sinar dingin". Lonceng ini dijual selama 3 hari di lapangan San Marco. Seiring terurainya batu itu, maka lama kelamaan batu itu akan mengecil, sinarnya akan makin redup dan menghilang. Nah disaat itulah ketika setelah sebulan, orang-orang yg telah membeli lonceng sinar akan ke laut lepas untuk melakukan ritual melepas batu sinar dari loncengnya. Orang akan berbondong-bondong memakai gondola maupun vaporetto u/ melepaskan batuan tersebut. Tapi terkadang setelah pelepasan batuan itu ada yg menjadi kristal. Ada yg bilang karena rasa sayang terhadap perpisahan tersebut atau karena "kejahilan" dari sang pencipta tapi intinya itu merupakan hal yg langka.

        Lalu diakhir musim panas, ada festival melihat kembang api. Jika di Man Home, kembang apinya hanya berupa hologram, tapi di Aqua, merupakan kembang api asli. Hal inilah yg akan menjadi sensasi tersendiri bagi para wisatawan yg datang dari Man Home. Kembang api akan terlihat lebih jelas jika disaksikan dari Pulau Melayang.


      • Pernikahan Rubah

        Aqua dibangun dari orang yg datang ke Man Home, dan membawa kebudayaan yg berbeda ke Aqua. Di salah satu pulau yg mirip dengan Fushimi Inari-taisha yg ada di Kyoto dengan banyak torii. Pada saat musim gugur terdapat pernikahan roh rubah yg tak boleh disaksikan oleh manusia karena berbeda dunia. Biasanya jika seseorang melihat pernikahan tersebut maka orang tersebut akan dibawa oleh roh rubah dan tak akan pernah kembali. Maka jika bertemu dengan Roh Rubah berikanlah oinari-san karena oinari san merupakan makanan kesukaan roh rubah.

      • Vogare Longa

        Vogare Longa merupakan even terbesar yg diadakan di seluruh kota Neo Venezia pada saat musim dingin sekaligus mengakhiri musim gugur. Di setiap sudut kota Neo Venezia dipasangin poster Gondola Marathon. Siapa saja boleh berpatisipasi mengikuti perlombaan ini. Dan biasanya diikuti banyak orang termasuk undine. Bagi undine dianggap sebagai tes promosi menjadi Prima. Pada saat perlombaan maka kanal-kanal Neo Venezia dipenuhi oleh gondola.


      • Auguri Buon Anno

        Auguri Buon Anno, auguri yg dalam bahas Italia berarti mengucapkan salam atau selamat atau selebrasi sedangkan bun anno berati happy new years. Yup, Pesta tahun baru juga dirayakan besar-besaran di Neo Venezia ditambah salju yg turun pada musim dingin menambah kemeriahan tahun baru. Biasanya di Neo Venezia tahun baru dirayakan bersama teman-teman sambil bergadang sepanjang malam hingga matahari terbit pada hari yg baru. Memasang petasan juga merupakan kebiasaan saat meryakan pergantian tahun.

        Salah satu tradisi unik masyarakat Neo Venezia yg dibawa dari Man Home adalah menggantungkan barang-barng tahun lalu di jendela dan membiarkannya jatuh, hal itu dilakukan agar hal-hal yg buruk di tahun itu akan dilupakan. Jadi jika ingin menghargai hidup jauhilah bangunan hingga tengah malam.

        Memakan kacang saat malam tahun baru adalah wajib. Karena kacang dianggap membawa keberuntungan sehingga dengan memakan kacang orang-orang berharap agar sukses di tahun berikutnya. Satu lagi yg unik ialah melemparkan barang yg sering digunakan tahun lalu saat pergantian tahun baru. Biasanya dimuali dengan hitungan mundur yg dilakukan di oleh banyak orang di lapangan San Marco, setelah selesai menghitung mundur barang tersebut akan dilempar sambil berkata "Auguri Buon Anno". Setelah tahun berganti biasanya orang-orang akan bergadang hingga matahari pertama muncul di tahun yg baru.


      • Carnival

        Carnival merupakan festival terbesar dan paling utama di Neo Venezia. Biasanya diadakan secara besar-besaran. Dalam bahasa Italy bertuliskan " levare yang berarti "mengenyahkan daging", karena daging dilarang selama masa prapaskah. Yup, berdasarkan tradisi, Carnaval ini untuk merayakan 40 hari sebelum hari paskah. Berdasarkan tradisi umat Kritiani, selama 40 hari, pantang makan daging, dan alkohol untuk menrenungi hidup dan bangkitnya Yesus.

        Biasanya Carnaval ini merupakan pesta besar yg di setiap sudut kota banyak orang yg akan memakai "bauta", topeng khas Neo Venezia dan tiap hari banyak dilakukan parade. Bisa dibilang ini merupakan pesta selamat tinggal musim dingin dan mengucapkan selamat datang pada musim semi.

        Yg unik dari Carnaval in adalah munculnya Casanova. Yup, penjelajah dan pengarang buku asal Venezia yg pernah hidup di Man Home, Italy pada abad ke-18 (yg tau Casanova pasti kagum deh dengan kisah hidupnya). Tapi Casanova disini diperankan oleh seseorang yg tiap tahun memerankannya. Ada rumor yg mengatakan sejak caranaval pertama yg diadakan sejka Neo Venezia berdiri hingga sekarang (lebih dari 100 tahun), orang yg berperan dibelakangnya tak pernah digantikan, ada yg bilang ia merupakan peri abadi. Tapi ternyata yg memerankannya adalah Caith Sith. Akari pernah melihat Caith Sith saat Carnaval, ketika kehilangan jejak Aika yg ingin juga melihat sosok dibalik Casanova itu.


      • Festa Del Boccolo

        Festa Del Boccolo biasanya di adakan pada musim semi dan pada saat hari St. Mark (Santo Markus),berdasarkan ceritanya terjadi saat Aqua Alta. Festa Del Boccolo merupakan hari dimana seorang lelaki memberikan bunga mawar kepada wanita pasangannya atau wanita yg ia sukai, dan biasanya wanita itu akan menyematkan bunga yg diberikan tadi di dadanya.

        Festa Del Boccolo berdasarkan cerita nyata yg terjadi ratusan lalu di Man Home. Dimana ketika itu seorang lelaki mencintai seorang wanita dan untuk menunjukkan perasaan itu kepada ayah dari wanita yg ia cintai, lelaki itu pergi berperang. Tapi sayangnya ia terluka parah dan mkehilangan nyawanya di medan pertempuran. Ia terjatuh di ladang bunga mawar putih dan sebelum meninggal ia memetik bunga mawar putih tersebut dan menitipkannya pada teman sesama prajurit. Lalu temannya itu memberikan bunga mawar putih yg berlumuran darah kepada wanita yg temannya mencintainya. Wanita itu menyadari kalau lelaki yg ia cintai telah tiada. Atas kisah itulah diadakannya Festa Del Boccolo.


      • Natal & Ephipany

        Natal di Neo Veneza diadakan sangat meriah. Banyak dekoras khas natal dipasang di seluruh kota No Venezia. Lalu tanggal 6 Januari tahun berikutnya atau 12 hari setelah hari Natal diadakan Ephipany. Epifani merupakan hari u/ merayakan 3 orang majus yg datang mengunjungi Yesus yg baru lahir dipalungan. Namun Gereja Timur, Efipani merupakan peringatan pembaptisan Yesus oelh Yohanes Pembabtis di sungai Yordan. Epifani sangat khas dengan La Befana. La Belafana yg menurut tradisi merupakan karakter yg sering memberikan permen pada anak yg patuh dan memmberikan batu bara pada anak yg nakal.


      • Pernikahan Laut

        Pernikahan Laut merupakan ritual yg diadakan 4 tahun sekali di Neo Venezia dan menjadi keunikan tersendiri bagi kota Neo Venezia. Acara ini tak kalah meriahnya dengan Carnaval dan diadakan pada musim semi. Beberapa haris ebelum perayaan tersebut, tiap wanita mendapat cincin dari pasangannya terutama para undine. Acara dimulai dengan para undine yg mendayung gondola dimulai dari Pair, Single lalu Prima dilanjutkan oleh Undine yg mendapat julukan peri air lalu dilanjutkan dengan bucintoro. Lalu diakhiri dengan melempar cincin yg menandakan cinta antara Neo Venezia dengan laut. Bagaimanapun juga Neo Venezia dikelilingi oleh laut dan langsung berhadapan dengan Neo Venezia.
    6. Pengarang

      Kozue Amano (天野 こずえ Amano Kozue, lahir 26 Mei 1974) adalah mangaka wanita Jepang. Dia dikenal luas sebagai pencipta Aria, yang terbukti menjadi hit terlaris dan telah diadaptasi menjadi sebuah serial anime yg terdiri dari 3 musim dan dan sebuah OVA.

      • Karya
        Sebelum membuat cerita ARIA, Kozue Amano telah banyak menciptakan banyak karya, diantaranya

        1. Roma Club (浪漫 倶 楽 部 Rouman Kurabu)

          tahun 2005 dicetak ulang oleh Mag Garden.

        2. Yume Sora Kai (Mukūkai) (梦 空 界?)

          • Keterangan : Amano Kozue Tanpenshu 1, sebuah kumpulan cerita pendek

          • Tahun terbit : 1996

          • Penerbit : Square Enix

          2004 dicetak ulang oleh Mag Garden.

        3. Crescent Noise (クレセントノイズ?)

        4. Sora no Uta (空 の 謳?)
          • Keterangan : Amano Kozue Tanpenshu 2, kumpulan cerita pendek
          • Tahun Terbit : 1999

          • Penerbit : Square Enix

          2004 dicetak ulang oleh Mag Garden.

        5. OHI-sama Egao (お ひ さ ま 笑顔?), juga dikenal sebagai Princess' Smile
          • Tahun terbit : 2000

          • Penerbit : Square Enix

        6. Aqua (アクア)
          • diterbitkan : 2001

          • Penerbit : serial Monthly Stencil, Square Enix)

          2003 dicetak ulang oleh Mag Garden.

        7. Aria (アリア)

        8. Amanchu! (あまん ち ゅ?!)
          • Tahun terbit : 2008-onGoing

          • Penerbit : Monthly Comic Blade, Mag Garden

      Karya terakhir dan masih berlanjut hingga sekarang adalah "Amanchu!"


    7. Media Franchise

      ARIA merupakan cerita yg telah diadaptasi kedalam beberapa media, diantaranya


      • Manga
        Memang sudah jelas bahwa, media cerita AQUA dan ARIA pertama kalinya adalah lewat manga. Manga ini memiliki sejarah penerbitan rumit. Aqua awalnya diterbitkan oleh Enix di majalah Monthly Stencildari 2001 ke 2002 dan dikumpulkan dalam dua volume tankōbon. Ketika seri pindah ke Mag Garden majalah Blade Comic pada bulan November 2002, judul berubah menjadi Aria. Mag Garden kemudian kembali merilis dua volume Aqua dengan tambahan chapter dan cover yg baru. [2] Serialisasi selesai pada bulan April 2008. Secara keseluruhan terdiri dari 70 chapter serial dari Aqua dan Aria dikumpulkan dalam 14 volume tankōbon, setiap volume berisi lima chpater yang meliputi semusim dalam satu tahun. Setiap volume disebut "voyage" dan setiap bab "navigasi".

        Dalam bahasa Inggris, Aria (tapi tidak dengan Aqua) pada awalnya dilisensi oleh ADV Manga, yang menjatuhkan lisensi setelah menerbitkan tiga jilid. Lisensi Amerika Utara untuk Aqua dan Aria diambil oleh Tokyopop, yang mulai merilis keseluruh rangkaian volume pertama dari Aqua, dengan publikasi yang sedang berlangsung. Serial ini telah dilisensi di Prancis leh Kami, [80] [81] di Jerman oleh Tokyopop Jerman, di Italia oleh Star Comics, di Indonesia oleh M&C Comics, di Korea Selatan oleh Bookbox, di Spanyol oleh Editorial Ivrea, di Taiwan oleh Tong Li Comic, dan di Thailand oleh Bongkoch Comic.


      • Anime
        Aqua dan Aria diadaptasi oleh Hal Film Maker sebagai serial televisi anime sebanyak episode 54 terdiri dari dua musim berjudul Aria the Animation, Aria the Natural, sebuah animasi video asli (OVA) berjudul Aria OVA: Arietta, dan musim ketiga yang berjudul Aria the Origination. Seri ini disutradarai oleh Jun'ichi Sato dengan desain karakter oleh Makoto Koga, dan disiarkan di Jaringan TV Tokyo antara 2005 dan 2008. Ketiga musim telah dirilis di DVD di Jepang. Di Italia disiarkan oleh Rai 4, dan di Filipina pada QTV 11.

        Di Amerika Utara lisensi dipegang oleh The Right Stuf International. Satu set kotak DVD season pertama subtitle Inggris dirilis pada tanggal 30 September 2008 di dicap oleh Nozomi Entertainment. Musim kedua dirilis dalam dua set kotak pada tanggal 29 Januari dan 24 Maret 2009. Musim ketiga, satu kotak telah termasuk OVA Arietta dan bonus episode bernomor 5.5, dirilis pada tanggal 2 Maret 2010. Seri ini berlisensi di Korea oleh Animax Asia, di Taiwan oleh Muse Komunikasi, di Prancis oleh Kaze, dan di Italia oleh Video Yamato.


      • Soundtrack
        Untuk mengiringi anime ARIA, maka dibuat soundtrack yg dinyanyikan oleh penynayi terkenal seperti Round Table feat NinoMakino YuiArai Akino dan instrumennya dimainkan oleh Choro Club, Senoo Takeshi,Kubota Mina dan masih banyak lagi.

        Album soundtrack dirilis untuk Aria terdir dari tiga musim dari anime, koleksi dua musik piano, sebuah koleksi lagu, dan sebuah album penghargaan. Single yang dirilis untuk tema pembuka dan penutup untuk semua tiga musim anime, OVA, dan dua visual novel adaptasi. Sebagian besar rilis masuk tangga lagu Oricon, dengan album peringkat tertinggi diantara Aria the Natural Vocal Song Collection pada urutan ke-30, [104] dan tertinggi diperingkat satu menjadi milik "euforia" y dibawakan oleh Makino Yui, lagu pembuka untuk Aria the Natural ini duduk diurutan ke-18.


      • Drama CD
        Empat seri drama CD telah dirilis. Seri pertama diproduksi sebelum anime dimulai dan menggunakan seiyuu yang berbeda, sedangkan tiga drama cd yg lainnya diproduksi dan masih memiliki hubungan dengan tiga musim dari anime, oleh karena itu menggunakan seiyuu yg berasal dari produksi anime.

        • Seri pertama terdiri dari dua volume mendramatisir episode dari volume awal Aria, dirilis 25 Agustus 2004 dan 24 Agustus 2005, satu volume mendramatisir episode dari Aqua, dirilis 22 September 2005.

        • Seri kedua ini diproduksi dalam hubungannya dengan Aria the Animation. Ini terdiri dari tiga jilid berjudul Biru, Merah, dan Orange,seuai dengan warna seragam dari Aria Company, Himeya Company, dan Orange Planet, yang dirilis masing-masing tanggal 25 November 2005, 22 Desember 2005, dan 25 Januari 2006. Merah dan Orange meraih peringkat 237 dan 161 pada album Oricon chart. Sebuah kotak yang berisi CD drama seri kedua dirilis 27 Juli 2009, termasuk CD drama baru sebagai bahan bonus, dan meraih peringkat 62 di chart album Oricon.

        • Seri ketiga diproduksi dan memiliki hubungan dengan Aria the Natural. Ini terdiri dari dua volume dirilis 23 Juni 2006 dan 21 Juli 2006. Yang pertama dan kedua meraih peringkat 132 dan 166 di chart album Oricon. sebuah kotak drama CD kotak berisi ketiga seri dirilis 27 Januari 2010, termasuk CD drama baru sebagai bahan bonus, dan meraih peringkat ke-82 pada grafik album Oricon.

        • Seri keempat ini diproduksi dan memiliki hubungan dengan Aria the Origination. Terdiri dari tiga jilid yg berjudul Yuki ("salju"),Tsuki ("bulan"), dan Hana ("bunga"), dirilis 21 Maret 2008, 23 April 2008, dan 21 Mei 2008. Yuki, Tsuki dan Hana berada pada peringkat ke-87, 55, dan 48 di chart album Oricon.


      • Radio CD
        sebuah pertunjukkan Radio Aria atau disebut Aria the Station disiarkan di internet melalui onsen.ag dan Animate berhubungan dengan tiga musim dari anime. 115 episode telah dikompilasi pada "CD radio" dirilis dalam tiga musim. Setiap volume berisi CD-ROM dengan episode radio dalam format MP3 plus CD audio yang mengandung bahan tambahan. Acara radio dibintangi Erino Hazuki sebagai Akari Mizunashi dan Chinami Nishimura sebagai Presiden Aria Pokoteng, dengan aktor suara lainnya dari anime sebagai tamu mengulangi peran mereka masing-masing.

        • 12 episode dari musim pertama dikumpulkan pada satu album disebut Aria the Station Neo-Venezia Informale, dirilis pada tanggal 29 September 2006.

        • 51 episode dari musim kedua, Aria the Station Due dikumpulkan pada empat volume. Volume pertama, bernomor Cour.1, dirilis pada tanggal 24 November 2006; yang kedua, Cour.2, pada tanggal 29 Desember 2006; Cour.3 pada 23 Februari 2007; dan Cour.4 pada 25 Mei 2007.

        • 52 episode dari musim ketiga, Aria the Station Tricolore, dikumpulkan empat volume. Volume pertama, bernomor Cour.1, dirilis pada tanggal 28 September 2007; yang kedua, Cour.2, pada tanggal 21 Desember 2007; Cour.3 pada tanggal 28 Maret 2008; [138] dan Cour.4 pada 27 Juni 2008.

      • Video Games
        Perusahaan Alchemist telah memproduksi dua visual novel video games untuk PS2 berdasarkan Aria. Keduanya dirilis dalam edisi reguler dan khusus pada hari yang sama.

        • Aria the Animation: Tooi Yume no Mirage ("Fartamogana dari Mimpi yg Jauh") dirilis 28 September 2006 ini kemudian dirilis kembali pada tanggal 6 Maret 2008 sebagai bagian dari Koleksi Terbaik Alchemist

        • Aria the Organitation: Aoi Hoshi no El Cielo ("Langit Disekeliling Planet Biru") dirilis 26 Juni 2008. Berada pada peringkat 30 selama seminggu rilis pertama pada Famitsu dengan grafik penjualan sebesar 7.221 eksemplar.

      • Buku yg Lainnya

        • Art Books
          Ketiga art books diterbitkan oleh Mag Garden yang terdiri dari gambar dan sketsa untuk manga Aqua dan Aria oleh Kozue Amano:

          • Alpha dirilis 29 Januari 2004

          • Stella dirilis 29 Maret 2005

          • Cielo dirilis 30 Agustus 2006

          Mag Garden menerbitkan art books keempat berisi karya seni tambahan digunakan di anime, video game, CD drama, dan merchandising:

          • Aria yang Avvenire Ilustrasi dirilis 24 Desember 2008

          Selain itu, tiga buku poster telah diterbitkan, masing-masing berisi sepuluh A2-format poster:

          • Aria Premium Poster Book dirilis 22 Desember 2005

          • Aria Premium Poster Buku 2 dirilis 22 Desember 2006

          • Aria Premium Poster Book 3 dirilis 22 Desember 2007


        • Buku Panduan
          Empat Buku Panduan telah dirilis oleh MAG Garden diantaranya

          • Buku panduan pertama, Aria Navigasi Guide dirilis 29 Oktober 2005 hanya difokuskan pada manga. Hal ini meliputi bahan latar belakang, profil karakter, dan ringkasan dari seri oleh bab dari awal Aqua dan 7 volume dari Aria

          • Tiga buku panduan mencakup tiga musim dari anime, yang berisi ringkasan episode, deskripsi karakter primer dan sekunder, dan bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan anime. Setiap buku juga berisi bab bonus manga dan CD dramaAria the Animation Perfect Guide Book dirilis 29 Maret 2006, Aria the Natural Perfect Guide Book dirilis 22 Desember 2006 , Aria the Origination Perfect Guide Book dirilis 30 Juli 2008

          Selain itu Shinkigesha menerbitkan buku petunjuk untuk masing-masing dua video game Aria produksi Alchemist's , mengandung bahan latar belakang, profil karakter, dan ringkasan plot mencakup semua hasil permainan:

          • Aria the Natural : Tooi Yume no Mirage Game Material Collection dirilis pada tanggal 22 Desember 2006

          • Aria the Origination: Aoi Hoshi no El Cielo Game Material Collection dirilis pada tanggal 1 September 2008


      • Novel
        Selain manga, dan anime, Aria juga telah diadaptasi sebagai seri novel ringan diterbitkan oleh Mag Garden, dengan dua dirilis pada Desember 2008:

        • Mizu no Miyako to Kanashiki tidak Utahime Monogatari (水 の 都 と 哀しき 歌姫 の 物語) oleh Ayuna Fujisaki dipublikasikan pada 28 Februari 2006

        • The Gift of Breeze Season Four (四季 の 風 の 贈り物 Shiki no Kaze no Okurimono) oleh Mari Okada, Ayuna Fujisaki, Tatsuhiko Urahata, dan Reiko Yoshida dipublikasikan pada 10 Januari 2008


      • Monthly Undine
        spin-off Monthly Undine adalah majalah yg terfokus pada undine dalam dunia Aria. Enam topik Monthly Undine telah dirilis pada Maret 2008, dengan karakter yang berbeda pada tiap sampul. Pertama dari tiga majalah mengandung, sebuah bagian rumah mainan Himeya Company yg terdapat Akira dan Aika, sebuah bagian rumah mainan Aria Company Alice dan Akari, sebuah bagian rumah mainan Orange Planet terdiri Athena dan Alice. Ketika barang-barang koleksi tiga majalah (bagian mainan rumah) gabungan, mereka membentuk tulisan "ARIA Comapny"
        Rinciannya:

        • majalah 1 : bercover Akira E Ferrari dirilis pada 10 Juli 2006

        • majalah 2 : bercover Alicia Florence dirilis pada 18 Juli 2006

        • majalah 3 : bercover Athena Glory dirilis pada 24 Juli 2006

        • majalah 4 : bercover Alice Caroll dirilis pada 10 Maret 2008

        • majalah 5 : bercover Aika S Granzchesta dirilis pada 21 Maret 2008

        • majalah 6 : bercover Akari Mizunashi dirilis pada 31 Maret 2008


      • The President Cat Picture books
        Pada bulan Maret 2007, Mag Garden menerbitkan serangkaian tiga picture books Aria. Setiap hardcover buku berisi cerita manga pendek penuh warna difokuskan pada presiden kucing, dan termasuk tambahan item tertagih yg ditulis dan diilustrasikan oleh Kozue Amano.

        • President Maa Picture Book diterbitkan pada 10 Maret 2007

        • President Hime Picture Book diterbitkan pada 20 Maret 2007

        • President Aria Picture Book diterbitkan pada 30 Maret 2007

      • Lembaran musik
        Shinko Music menerbitkan sebuah pilihan lembaran musik yg disebutAria the Best Selection pada bulan Juli 2008. Berisi lagu tema dari tiga musim anime Aria.


    8. Keunggulan-Kekurangan
      Keunggulan:

      1. Konsep ceritanya yg unik

      2. Temanya yg tak biasa tapi bisa populer

      3. penggambarannya yg detil

      4. ceritanya yg easy going, mudah dimengerti

      5. sarat dengan makna kehidupan

      6. temanya yg bisa bersanding antara slice of life dengan futuristik

      7. dalam anime, grafiknya HD, jadi enak dilihat

      8. dalam anime soundtrack nya yg enak didengar

      Kekurangan:

      1. timeline yg kurang jelas

      2. dalam anime, cerita antara Aqua dan Aria digabung dan urutannya tak sesuai di manga

      3. dalam anime ada bagian yg tak dijelaskan, diantaranya,
        1. Bagaimana Akari bisa sampai ke sini dan menjadi Undine di Aria Company sangat sedikit dijelaskan

        2. Bagaimana Akari bisa berteman dengan Aika

        3. Bagaimana Akari bertemu pertama kali dengan Akatsuki

        4. Bagaimana Al bisa bertemanan dengan Aika dan Akari


    9. Kesan Saya kepada Aria karangan Kozue Amano
      Manga Aria merupakan manga yg fenomenal, ditengah-tengah manga yg berisi cerita berat, Kozue Amano berani mengambil tema yg bersifat slow yg kalau disimak hampir tak ada konflik, seperti permasalahan-konflik-klimaks-penyelesaian, di cerita ini mungkin hampir tak berlaku. Perspektif ceritanya lebih terlihat bagaimana kehidupan itu berjalan. Seolah-olah mengajak kita u/ lebih menyelami hubungan antar karakter bahkan hubungan tokoh utama dengan tokoh-tokoh sekunder. Di setiap chapter juga tersaji cerita yg membalut makna yg dalam yg ingin disampaikan penulis melalui pemikiran perspektif dari seorang Akari.

      Dari segi konsep cerita, termasuk unik. Kenapa saya bilang unik? Karena Kozue Amano mengabungkan cerita futuristik dimana manusia bisa melakukan konolialisasi di luar bumi tapi dikolaborasikan dengan cerita bergenre slice of life, dimana ceritanya slow, teknologi tak begitu mengambil peranan penting bahkan justru mengarah kepada kehidupan yg semua kegiatannya masih dilakukan secara manual, contohnya dimana latar belakang Neo Venezia (sebenarnya Venezia juga kebanyakan transportasi menggunakan perahu atau gondola)yg hanya memakai transportasi laut tanpa adanya transportasi darat seperti sepeda motor dan mobil. Selain itu, pengambilan latar belakang cerita yaitu, Neo Venezia membuat kita seolah-olah seperti di Venezia dimulai dari bangunan khas Neo Venezia serta moda transportasinya. Selain itu Amano juga menonjolkan profesi yg hanya ada di Venezia yg unik yaitu pengayuh gondola tapi sedikit dimodifikasi olehnya.

      Secara tertulis, manga ini begitu terperinci dalam menarasikan waktu dari dunia Aria. Biasanya dimulai dari narasi Akari, bergantinya seragam kerja para undine karena pergantian musim serta background yg mendukung sehingga pembaca seolah-olah merasakannya juga. Narasi pembuka Akari juga membuat kita ingin mengetahui cerita selanjutnya, ditambah penggambar yg detil membuat kita takjub. Bagi saya ini cerita ini perfect. Aria juga berarti dalam bahasa Italia untuk “udara” atau "air" dalam Bahasa Inggris, juga disebut "arie" atau "arias" (lebih dari satu suara) dalam musik, mempunyai maksud cara penyampaian emosi sebuah lagu berdasarkan drama dalam struktur melodi yang kerap digunakan dan dipersembahkan oleh penyanyi.


    10. Pranalar Luar

No comments:

Post a Comment

silakan tinggal komentar atau kirim ke muhammad.akbar288@gmail.com

Total Pageviews